by

Kopi Toraja, Mahakarya Agung Dari Tanah Sulawesi

Kopi Toraja adalah salah satu kopi terbaik Indonesia. kopi yang berasal dari dataran tinggi Sulawesi ini dikenal luas di dunia internasional sebagai kopi terenak dengan rasa yang khas, serta sampai saat ini masihlah belum diketemukan kopi semacam yang memiliki rasa istimewa seperti Kopi Toraja.
Kopi Toraja juga kerap dikatakan sebagai ”Queen Of Coffee ” lantaran memiliki cita rasa yang enak, harum serta taste yang seimbang serta unik pada rasa pahit serta asam di samping aroma herbal yg tidak diketemukan didaerah lain.

Kopi Toraja bukanlah kopi umum. Ditanam di ketinggian sekitar 1300-2100 diatas permukaan laut, kopi Toraja diakui mempunyai kwalitas paling baik didunia seperti kopi Jamaica.

Booming kopi Toraja di Indonesia dan dunia baru terjadi pasca tahun 70-an. Padahal kopi ini sejak tahun 1930, sudah sangat terkenal di Jepang. Kopi Toraja dari masa itu hingga sekarang mengisi gerai-gerai kopi berkualitas di toserba dan pasar swalayan terkenal Jepang. Bahkan, survei Key Coffee menyebutkan, di lingkungan rumah tangga di Jepang, Kopi Toraja termasuk produk yang premium dan mewah.

Ya, memang Kopi Toraja terkenal seagai kopi jenis Arabika terbaik. Meski begitu jangan salah, Kopi Toraja juga punya varian Robusta yang tak kalah dari sisi cita rasa dan kualitas. Kopi Robusta Toraja punya kafein yang lebih tinggi dengan tingkat keasaman yang rendah.  Karena itu, rasanya pahit dengan aroma rempah.

Masyarakat Toraja seakan tak bisa dipisahkan dari kopi. Selain aktivitas ngopi sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari, kopi pun menginspirasi lahirnya budaya tarian yang dikenal dengan tari Petik Kopi atau Tari Malattu Kopi. Tari ini lahir sebagai bentuk apresiasi dan rasa syukur, sehingga sering dipentaskan menjelang panen kopi.

Manfaat Kopi Toraja

Pada umunya memang banyak sekali orang yang selalu meminum kopi sebelum melakukan pekerjaan dan hal lainnya, sebab mindset mereka adalah kopi sebagai penyemangat agar tidak sampai lemas dan bisa menjalani aktifitas dengan penuh semangat. Maka inilah beberapa manfaat dari kopi:

  • Membuang lemak

Dengan selalu minum kopi sulawesi secara teratur maka kamu bisa mengurangi lemak jenuh yang ada pada tubuh. Badan akan lebih kuat karena metabolisme tubuh bertambah.

  • Memperlancar peredaran darah

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa dengan kamu meminum secangkir kopi bisa dipastikan akan mampu memperlancar peredaran darah yang terjadi pada manusia. Maka tidak salah orang selama ini sangat sering mengkonsumsi kopi untuk setiap harinya.

  • Membuat tubuh tetap bugar

Dalam hal ini memang sangat benar sekali, karena kopi memiliki kafein yang sangat banyak sehingga akan berdampak pada badan akan terus menerus terlihat bugar. Sama halnya ketika kamu sedang mengantuk kemudian meminum kopi bisa dipastikan ngantuk yang ada sebelumnya akan hilang dan tidak akan kembali lagi.

  • Mampu mengurangi resiko terkena diabetes

Dalam hal ini akan berpengaruh pada diabetes tipe 2, memang kesehatanlah no 1 kalau tidak kamu perhatikan dengan baik-baik maka kamulah yang akan merugi. Dan untuk sekarang ini masih untuk penderita diabetes yang ada di dunia berkisar 300 juta, untuk orang penggemar kopi akan meminimalis resiko terkena diabetes sebesar 23-50% dibandingkan untuk mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

News Feed