by

Unik, Pemakaman Muslim secara adat Toraja

-Toraja-882 views

Toraja adalah daerah majemuk yang masyarakat menganut Agama Kristen, Islam, dan aluk Todolo ( agama Leluhur suku Toraja). Dari kemajemukan itu tercipta toloransi beragama yang sangat rukun.

Dalam sebuah keluarga di Toraja ada yang suaminya Kristen dan istrinya Islam, dan sebaliknya, ada yang kedua orang tuanya Kristen tapi anaknya memlilih muslim, ada saudara yang islam dan ada yang kristen. Semua berjalan dengan baik tanpa ada diskriminasi, mereka saling menghargai kepecayaan satu sama lainnya.

Nah, dari keluarga Bapak Alm. Muhammad Hatta Kamaruddin adalah dari suku bugis yang menikah dengan gadis Toraja, lahir anak-anaknya, ada yang menganut kristen dan ada yang menganut Islam, mereka hidup harmonis dalam suatu perbedaan.

Pada Upacara pemakaman alm. Muh. Hatta Kamaruddin, dilaksanakan menurut aturan agama Islam, seperti penguburan, Malam-malam Takziah, sampai Tahlilan penutup. dan pada tahlilan penutup dilaksanakan 3 hari berturut-turut.

Hari Pertama Khusus Acara Muslim, pada hari kedua dan ketiga adalah acara umum untuk keluarga yang kristen.

Acara ini dilakasanakan di Tongkonan Massing – Tallung Lipu Kabupaten Toraja Utara. Sebelum acara ini dilaksanakan, terlebih dahulu dimusyawarakan oleh para Alim Ulama Setempat, Pendeta dan Pemuka agama Kristen, Pemerintah, Petuah Adat dan Masyarakat.

Bagi saudara-saudari yang Muslim, jangan ragu mengunjungi Toraja. Jangan ragu dengan makanan di warung banyak yang berlogo Halal yang diawasi langsung oleh Departemen Agama.

Para pengelolah warung sebangian besar Muslim dari Bugis, Jawa dll.

News Feed