by

Bangunan Mirip Tongkonan di Korea Selatan

Tongkonan dan lumbung padi khas Toraja (alang) mendunia. Bukan hanya di Jerman dan Belgia, Tongkonan juga berdiri di Korea Selatan dan Thailand.

Petrus Palembangan, seorang karyawan di Korea Selatan melihat bangunan mirip Tongkonan di National ASEAN Recreation Forest, Yangju-si, sekitar dua jam perjalanan dari Seoul, Ibukota Negara Korea Selatan.

Petrus mengunjungi taman rekreasi ini pada Rabu, 15 Mei 2019. Saat pertama kali melihat dua bangunan mirip Tongkonan di taman itu, Petrus kaget sekaligus bangga. Dia pun menulis di linimasa akun media sosialnya:

Tongkonan atau rumah adat Tana Toraja berdiri kokoh dan indah di Negeri Gingseng, Korea Selatan. Sebagai putra daerah Toraja turut bangga dan  berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga Tongkonan mewakili Indonesia di tempat ini. #National ASEAN recreation forest.

Petrus menyebut, selain Tongkonan, ada beberapa rumah adat tradisional dari beberapa negara Asean.

Tongkonan juga menjadi ikon taman rekreasi tersebut. Di selebaran yang dibagi dan papan iklan yang terpasang di stasiun kereta bawah tanah menuju ke lokasi taman, terpampang gambar Tongkonan.

“Saya benar-benar bangga mendapati rumah adat kita di negeri orang,” ungkap Petrus kepada karebatoraja.com, yang mewawancarainya pada Jumat, 17 Mei 2019 malam.

Dikutip dari portal Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, bangunan Tongkonan di National ASEAN recreation forest itu diresmikan pada 4 Juni 2009. Pembangunan Tongkonan ini atas kerjasama Kedutaan Besar Indonesia di Korea Selatan. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Korea Selatan.

Untuk diketahui, pada periode 2009-2013, ada putra Toraja, yakni Nicolas Tandi Damen, menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan. Diduga, bangunan Tongkonan ini dimulai sejak beliau menjadi Duta Besar di sana. Namun hal ini belum terkonfirmasi.

Tongkonan di ASEAN Cultural Center di Bangkok, Thailand

Selain di Korea Selatan, bangunan Tongkonan dan lumbung padi (alang) juga berdiri di ASEAN Cultural Center di Bangkok, Thailand. Bangunan ini diresmikan pada 7 Agustus 2015. Peresmian tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Asean yang ke-48.

Miniatur sepasang rumah Tongkonan berikut Alang (lumbung padi) mampu memberikan gambaran tentang keunikan masyarakat agraris di Indonesia. (*)

source*karebatoraja

News Feed